Renungan Hari Minggu Biasa III

KOMSOS.PURBOWARDAYAN РBacaan Injil dari Injil Markus 1:14-20 mengisahkan panggilan menjadi murid Tuhan Yesus. Empat orang dipanggil menjadi murid Tuhan Yesus yaitu Simon dan Andreas, Yakobus dan Yohanes anak Zebedeus. Apa yang dapat kita renungkan dan menjadi pesan dari kisah panggilan menjadi murid Tuhan Yesus ini?
1. Panggilan menjadi murid Tuhan Yesus adalah karunia atau rahmat, karena Tuhan yang memanggil, Tuhan sendiri yang menghendaki, Tuhan yang memulai.
2. Panggilan menjadi murid Tuhan Yesus yang utama dan pertama adalah panggilan untuk “mengikuti Dia”. Tuhan Yesus berkata: “Mari, Ikutlah Aku”. Dengan kata lain panggilan menjadi murid pertama-tama dan yang paling penting adalah panggilan untuk tinggal bersama Dia yang memanggil yaitu Tuhan.
3. Panggilan menjadi murid Tuhan Yesus diikuti atau dibarengi dengan perutusan, dipanggil untuk diutus. Perutusannya adalah “menjala manusia”. Tuhan Yesus bersabta: “Mari, Ikutlah Aku, dan kamu akan Ku-jadikan penjala manusia”. Menjala manusia itu artinya membawa orang pada keselamatan.
4. Panggilan menjadi murid Tuhan Yesus juga berarti panggilan untuk ikut ambil bagian dalam karya-karya Tuhan Yesus. Panggilan para murid dilakukan sebelum Yesus berkarya di depan umum. Itu berarti Tuhan Yesus membutuhkan orang-orang (para murid) yang mau berkarya bersama Tuhan,

Semoga dengan merenungkan kisah panggilan menjadi murid Tuhan Yesus ini kita semakin setia mengikuti-Nya sebagai ungkapan dan wujud syukur kita. (Komsos.Purbowardayan)

WhatsApp
Twitter
Facebook

Post a comment